Review Samsung Galaxy S20 FE Setelah 1 Tahun

Dokumentasi Pribadi

Kali ini aku mau berbagi pengalaman singkat setelah menggunakan ponsel Samsung S20 FE selama satu tahun ini. 

Jadi ceritanya, bulan Oktober tahun 2022 silam, ponsel saya tiba-tiba rusak, cuma gara2 kebanting. Waktu itu pake ponsel merk lain, tapi memang sudah 4 tahun juga saya pakai. Nah, waktu mau beli ponsel baru, saya cuma ada budget sekitar 5jt aja waktu itu. Di sinilah awal kegalauan di mulai. Sampai tanya ke beberapa teman. Ini hasilnya :


Tapi ga sampai di situ, saya terus cari review-review ponsel di harga segitu dari merk lain juga. Dan pilihan saya akhirnya jatuh sama si Galaxy S20 FE ini karena rekomendasi dari channel GadgetIn 😅

Sebenarnya saya pengguna samsung dari zaman Galaxy S2 series waktu awal2 kuliah. Ganti ke J7 Prime pun pernah di tahun 2017, tapi karena belinya di konter sembarangan, J7 prime itu cuma tahan 3 bulan, selebihnya rusak di port charger. Saya sempat ngambek sama Samsung jujur aja, tapi saya pikir saya salah juga belinya ga di official store. Penting buat diingat ini.  Sampai akhirnya saya pakai brand lain selama 4 tahun itu.


Dokumentasi Pribadi


Oke, kita lanjut kenapa saya pilih S20 FE? 

- Pertama, tahun 2021 Samsung keluarin lagi nih versi snapdragon untuk chipsetnya yang katanya tidak terlalu gampang panas dibanding versi sebelumnya. 

- Kedua, masih ada charger dalam satu paket ponsel. 

- Ketiga, karena masuk seri ponsel flagshipnya Samsung meskipun sudah launch beberapa tahun yang lalu.

Setahu saya ponsel seri flagship itu ada fitur yang biasanya ga ada di series kelas bawahnya. Dan selama satu tahun ini, saya cukup puas untuk kinerja ponsel ini. Memang baterainya agak cepat boros kalau sedang pakai paket data, tapi saya jatuh cinta sama kamera belakangnya yang hasilnya wow banget. Dan kekurangan lain ada di kamera depannya, hasilnya kurang natural. 

Untuk main game dan beberapa kegiatan seperti scrolling atau buka beberapa aplikasi masih oke. Pokoknya 5jt itu worth it banget buat ponsel sekelas flagship jadul. Mudah-mudahan bisa awet karena hp ini adalah hp utama saya. Hehe...

Ada yang punya pengalaman sama seperti saya?