Review Samsung Galaxy A15

Sebelum kita memeriahkan Galaxy Unpacked untuk tanggal 18 Januari nanti, izinkan saya untuk memberikan review saya pada smartphone Galaxy A15 dari Hands-On Event sebelumnya ya Members!

Hal yang pertama kali saya saat melihat smartphone biasanya dari seberapa lengkap fitur dan kualitas kameranya. Sebagai sista yang suka foto-foto, saya paling mengutamakan kualitas kamera dari sebuah smartphone. Kemudian seberapa lengkap fitur yang ada di smartphone tersebut. Lalu semua pertimbangan ini akan saya sesuaikan dengan budget yang dimiliki.

Galaxy A15 dan A15 5G terbilang masuk ke dalam kategori mid-range dari segi harga. Kalau ponsel sudah masuk pada range harga 2-3 jutaan, saya pikir seharusnya harga ini sudah bisa mencakup beberapa fitur penting yang dibutuhkan dalam aktivitas sehari-hari. Apalagi kebutuhan mobilisasi sekarang saat menggunakan ponsel sudah menjadi kebutuhan utama bagi setiap orang. Berikut fitur yang bisa saya rangkum dari Galaxy A15.


Sistem One UI Terbaru

Sebagian smartphone Samsung mulai mendapatkan update one UI 6, pada Galaxy A15 dan A15 5G ini sudah disematkan sistem One UI terbaru yaitu one UI 6.

Galaxy A15 dengan One UI terbaru

Tampilan one UI 6

Perubahan One UI 6 yang terlihat mencolok adalah dari segi look, setting, emoji style, language, weather app, photo editor.


Kualitas Kamera

Bukan hanya fotografer yang butuh kualitas kamera yang bagus, ibu-ibu komplek sekarang pun tidak mau ketinggalan. Maka sudah keharusan kalau smartphone zaman sekarang ini memiliki kamera dengan kualitas bagus.

High Resolution Triple Camera Galaxy A15

Fitur kamera yang disematkan pada Galaxy A15 terdiri dari Front Camera 13MP, Ultra Wide Camera 5MP, Wide Camera 50MP, dan Macro Camera 2MP.

Kualitas kamera dari Galaxy A15 ini sudah saya coba sendiri. Berikut hasil fotonya :

Kamera Depan Galaxy A15

Kamera Belakang Galaxy A15

Kamera Depan Galaxy A15 5G

Kamera Belakang Galaxy A15 5G

Kamera Belakang Galaxy A15 5G

Menurut saya, untuk pengambilan foto kamera belakang pada objek benda, hasilnya terlihat lebih jernih. Sedangkan untuk objek hidup seperti manusia, hasilnya dipengaruhi oleh AI sehingga ada auto fokus pada objek tertentu dan sisanya blur. Tapi untuk smartphone dengan harga 2-3jutaan, kualitas kameranya sudah cukup mumpuni.

Sistem OS sudah paling update, kualitas kamera juga sudah mumpuni, lalu apa selanjutnya? Tentunya performa dari smartphone itu sendiri. Mulai dari baterai, layar, hingga processor yang dipakai. Tidak mau 'kan lagi asyiknya foto-foto lalu loadingnya terlalu lama? 😅


Performa Galaxy A15

Powered-up AP

Galaxy A15 dan A15G sudah menggunakan processor octa core. Yang berbeda dari 2 seri ini adalah penyimpanan dan RAM-nya. Galaxy A15 memiliki memori dan RAM 8GB-128GB, sedangkan A15 5G 8GB-256GB. Opsi memori external bisa ditambah hingga 1TB.

Galaxy A15 Performa

Hal ini memungkinkan Galaxy A15 untuk bisa multitasking, menampilkan High Quality Video dan powerful gaming.


Baterai

Kapasitas baterai 5000 mAh memungkinkan kamu untuk menyetel video hingga 20 jam. Galaxy A15 juga sudah menggunakan teknologi 25W super fast charging yang bisa menambah daya 50% hanya dengan melakukan charging selama 30 menit.

Kita tidak perlu lama lagi menunggu baterai ponsel terisi saat melakukan charging dengan adanya fitur ini. Selain itu, kita juga mendapat bundling travel adaptor untuk pembelian smartphone Galaxy A15 ini lho!


Layar

Kualitas layar akan berpengaruh pada tampilan smartphone kita. Galaxy A15 sudah menggunakan layar super AMOLED.

Layar Galaxy A15 sudah memakai Super AMOLED

Tampilan jernih dan smooth display sudah bisa kita dapatkan dari smartphone ini. Buat saya yang seorang sista, dengan kualitas layar seperti ini tentunya tampilan dalam smartphone kita akan lebih nyaman untuk dilihat.


Desain

Tampilan desain juga tidak kalah penting. Galaxy A15 dan A15 5G ini tersedia dalam beberapa warna yaitu Yellow, Blue dan Blue Black.

Galaxy A15 Design

Untuk Galaxy A15 casing belakangnya cenderung glossy dan mudah kotor oleh sidik jari. Sedangkan A15 5G casingnya non glossy, terlihat lebih rapi tampilannya tanpa bekas sidik jari.


Saya sendiri sudah coba memegang ponselnya dan cukup nyaman digenggam, hanya saja menurut saya agak tebal body-nya. Tapi tidak terlalu berpengaruh juga pada kenyamanan genggaman saya saat memegang ponsel ini.




OS Upgrade

Samsung memberikan jaminan 4 OS update dan 5 tahun security update untuk Galaxy A15 ini, jadi kita tidak perlu khawatir mengenai OS dan security ponsel kita ya Members.


Harga

Harga yang dibanderol untuk Galaxy A15 dan A15 5G mulai dari Rp. 2.899.000

Menurut saya, jika saya mempertimbangkan ingin membeli ponsel di kelas mid-range, Galaxy A15 bisa menjadi pilihan yang bisa dipertimbangkan untuk dibeli.

Bagaimana teman-teman? Apakah ada yang berminat beli smartphone Samsung terbaru ini?

Beli Samsung Galaxy A15 di sini


Sekian postingan saya mengenai review dari Samsung Galaxy A15 ini, sampai jumpa di postingan berikutnya!