Masak Bareng KUPAS ENDEUS dan ACE Indonesia

Berawal liat postingan yang berseliweran di instagram, aku jadi tertarik untuk ikutan acara KUPAS bareng Endeus (#BukaDapur Ace Indonesia). Acaranya sendiri diselenggarakan pada 23 Februari 2023 jam 2 siang di Qbig BSD Tangerang.

Sumber : Instagram @endeus.tv

Sekitar jam 1 aku mulai jalan ke lokasi. Sampai di Qbig, aku sempat kebingungan sama letak acaranya karena di sana lumayan luas areanya. Biar nggak terlalu capek nyari, akhirnya aku tanya ke satpam untuk lokasi tepatnya. Dan ternyata lokasinya ada di Qbig area 3 (aku lupa, seingetku itu haha...) Ace nya ada di seberang toko bangunan mitra10. 


Sampai di sana, peserta yang datang belum terlalu ramai. Baru sekitar 7 orang yang duduk di ruangan dalam. Oh ya, sebelum masuk aku juga registrasi ulang dan mengambil nomor. Karena disuruh memilih sendiri, aku pilih nomor 7. Entah nomornya buat apa, waktu itu aku juga nggak tahu, mungkin untuk semacam doorprize pikirku.

Sumber : Dokumentasi pribadi

Sambil tunggu teman-teman yang lain datang, panitia mempersilahkan kami untuk mengambil snack dan minum. Panitia juga sedang sibuk mempersiapkan peralatan dan bahan untuk sesi memasak nantinya.

Acara akhirnya dimulai setelah semua peserta dan bintang tamu hadir. Ada Kak Sesa Eryka yang menjadi host sekaligus membuka acara tersebut. Setelah sambutan hangat diberikan, Kak Sesa mulai memanggil bintang tamu spesial untuk acara hari itu, yaitu Chef Rafael. FYI, Chef Rafael ini adalah president ACP (Association of Culinary Profesionals) Indonesia lho. 

Sumber : Instagram @endeus.tv ( kiri Chef Rafael, kanan Kak Sesa MC)

Sambutan dan perkenalan bintang tamu udah, sekarang waktu yang ditunggu-tunggu yaitu demo memasak. Kak Sesa juga mengumumkan untuk sesi demo masak kali ini akan mengundang peserta yang hadir untuk ikut memasak bareng Chef Rafael. Dimana peserta yang ikut akan dibagi menjadi 3 kelompok dan masing-masing kelompok diisi 3 orang. Dan pemilihan peserta yang ikut ternyata dari nomor yang dipilih dari meja registrasi tadi. Ketika nomor 7 disebut, aku otomatis ke depan untuk bergabung dengan peserta lain. Nggak nyangka malah masak di acara ini 😅

Untuk menu makanan yang akan dimasak pada sesi pertama adalah Ayam Woku Belanga khas Manado. Dan untuk sesi kedua, Chef Rafael akan membuat appetizer yaitu Strawberry sorbet.

Nah, untuk sesi pertama ini peserta ikut memasak bersama Chef Rafael. Jadi saat chef Rafael menjelaskan, peserta yang ikut memasak langsung mempraktekan apa yang dijelaskan oleh Chef Rafael.

Sumber : Instagram @endeus.tv (Sesi demo masak)

Aku akan menjelaskan bahan-bahan apa saja sesuai dengan apa yang aku ingat ya. Dan karena bahan-bahan sudah disiapkan panitia, aku kurang tahu jumlah tepatnya. Tapi aku akan coba kira-kira.


AYAM WOKU BELANGA

Bahan :
1 ayam kampung (potong kecil-kecil atau 8 bagian)
Air secukupnya (1/4 botol 500ml)
Minyak goreng (untuk menumis)
2 sdm jeruk nipis
2 buah Tomat hijau
3 batang daun bawang
30gr daun kemangi
Garam secukupnya

Bumbu :
10 buah Cabai rawit pedas (bisa pakai cabai merah saja jika tidak suka pedas, tapi karena ini masakan Manado, biasanya mereka suka sama makanan pedas)
4 buah cabai merah
15 siung bawang merah
4 lembar daun jeruk
3 batang sereh
1 buah jahe (3cm)
1 buah kunyit (2cm)
4 buah kemiri disangrai

Cara membuat :
Lumuri ayam dengan air perasan jeruk nipis dan garam biarkan hingga 5-10 menit.

Haluskan bumbu (cabai, bawang merah, kemiri, jahe, kunyit)

Cincang sereh dan daun jeruk dengan pisau hingga halus. Potong tomat (ini bebas, bisa kotak-kotak atau potong biasa).

Masukkan minyak ke penggorengan, sedikit saja karena untuk menumis. Masukkan bumbu halus (bawang merah, kemiri, jahe dan kunyit), serai dan daun jeruk. Tumis hingga harumnya tidak langu.

Masukkan ayam dan tunggu hingga warna berubah kecoklatan.

Tambahkan cabai, air dan garam. Masak hingga ayam empuk dan air berkurang.

Setelah ayam empuk, tambahkan potongan tomat, daun bawang dan daun kemangi. Masak hingga layu. Ayam woku belanga siap disajikan.

Masakan ini cukup untuk 4 orang.

Sumber : Instagram @endeus.tv (Ayam Woku Belanga dan Strawberry Sorbet)

Masak-masak sudah selesai, para peserta yang ikut memasak bisa kembali ke tempat duduk masing-masing untuk bersantai terlebih dahulu sambil melihat Chef melakukan sesi demo masak yang kedua.

STRAWBERRY SORBET

Bahan :

10 buah strawberry
Yoghurt secukupnya
Madu secukupnya (bisa diganti gula)
Es batu secukupnya.

Cara membuat :

Siapkan blender dan masukkan buah strawberry, yoghurt, madu dan es batu. Blender hingga halus. 

Setelah halus, tuang ke dalam gelas. Hias dengan potongan buah strawberry kecil dan siap disajikan.

Sesudah sesi kedua selesai, sekarang waktunya pengumuman pemenang untuk demo memasak di sesi pertama. Dan pemenangnya adalah kelompok 2, dimana aku yang menjadi salah 1 dari kelompok tersebut. Wah, nggak nyangka banget bisa menang. Karena niat ke sana emang mau liat demo masak aja kok. Hehe...

Sumber : Dokumentasi Pribadi (Tim 2)

Kata Chef Rafael, penilaian memasak berdasarkan sedikit tidaknya kesalahan yang dilakukan saat memasak. Tapi semuanya pokoknya keren-keren banget deh.

Sebagai pemenang, kami mendapat merchandise cantik dari Pendopo. 

Sumber : Dokumentasi pribadi (pemenang ke 1 demo masak)

Selesai bagi-bagi hadiah, kami semua foto bersama.

Sumber : Instagram @endeus.tv (Foto bersama)

Kesannya ikut acara ini, seru banget karena bisa ketemu teman baru dan dapat ilmu baru. 

Sampai jumpa di lain kesempatan!