Selebrasi Ulang Tahun Bloggercrony yang ke-8: Kick Off Online dan Fun Camp di Puncak Halimun, Menjadi Blogger Kredibel Dalam Gempuran Industri Digital

Momen Bersama Bloggercrony

Tak terasa sudah 2 tahun berlalu menjadi member komunitas Bloggercrony Indonesia. Meski rasanya singkat, rasanya sudah banyak yang berubah dalam dunia blog-ku sendiri. Aku sangat bersyukur kala dipertemukan dengan komunitas Bloggercrony. Bukan hanya sekedar komunitas, tapi bagiku mereka adalah keluarga keduaku di luar sana. Dan pada tahun 2023 ini, Bloggercrony merayakan hari jadinya yang ke-8! 

Sumber : Instagram Bloggercrony (@bloggercrony)


Bisa dibilang, hari jadi Bloggercrony pun menjadi sesuatu yang ikut menggembirakan untukku. Aku ikut antusias dengan perayaan ulang tahun Bloggercrony tahun ini. Karena seperti biasanya, Bloggercrony selalu mengadakan acara yang spesial bagi para membernya.

Istimewanya di tahun ke 8 ini, bertepatan dengan keadaan pandemi yang beralih menjadi endemi, komunitas BloggerCrony mengadakan rangkaian acara Blogger Day secara hybrid bersama 100 peserta terpilih. Apa saja sih acaranya?

Online zoom langsung dari rumah internet sehat dan juga Fun Camp di Puncak Halimun !

Virtual Meeting Zoom Bersama 100 Blogger (Daring)

Sumber : Instagram Bloggercrony (@bloggercrony)

Acara Kick Off Event yang diselenggarakan pada 24 Februari 2023 ini diadakan secara langsung dari Rumah Internet Sehat (Studio Riset Tebet) melalui Zoom meeting bersama 100 blogger terpilih, member BloggerCrony yang tersebar di seluruh Indonesia. 

Dalam kesempatan kali ini, acara Kick Off Event dimeriahkan oleh 2 bintang tamu spesial yaitu Uwan Nurwan dan Tanti Amelia, serta Narasumber yang juga mentor BCC yaitu Anwari Natari.

Sumber : Instagram Bloggercrony (@bloggercrony)

Selain menampilkan bintang tamu spesial, Bloggercrony juga membawakan tema yang tak kalah menarik untuk perayaan ulang tahun kali ini. 

#SkillSetUp #SerSantuy #ShareYourVoice

Sebagai pembuka acara, kita disuguhkan dengan sambutan meriah dari pembawa acara yaitu Putri Zhea. Kejutan saat acara dimulai adalah dengan pembagian hadiah untuk peserta zoom yang masuk tercepat. Seperti tradisi BCC sebelum-sebelumnya, perayaan ulang tahun BCC selalu memberikan banyak hadiah untuk 100 member terpilih.

Momen Kick Off dilanjut dengan sambutan ketua panitia BloggerDay 2023 yaitu Bowo Susilo atau biasa dipanggil Kak Bowo. Dalam sambutan tersebut, Kak Bowo mengatakan acara akan diisi dengan ajang apresiasi komunitas dan akan memfokuskan acara kali ini untuk mendengar suara blogger.

Usai sambutan ketua panitia Blogger Day 2023, Satto Raji sebagai Founder Blogger crony juga ikut memberikan sambutan. Kak Satto sendiri berbicara sedikit mengenai perkembangan komunitas Bloggercrony dari awal hingga sekarang.

Acara berlanjut dengan tampilnya 2 bintang tamu spesial yaitu Uwan Nurwan dan Tanti Amelia. 

Uwan Nurwan yang merupakan pelaku seni multitalenta berbagi pengalamannya bersama dengan BloggerCrony. Berawal dari hobi, kini Uwan Nurwan bisa mendapatkan penghasilan dari hobinya membuat art work

"Dari SMA punya buku khusus gambar." Ucap Uwan pada saat sesi sharing.

sedangkan Tanti Amelia yang merupakan ilustrator dan doodler, ingin meluapkan pikiran dan membantunya untuk belajae fokus melalui Doodle Art. Hal itu terus berkembang hingga menjadi sebuah karya digital ilustrasi yang menghasilkan pundi-pundi uang.

Kedua bintang tamu juga membuat hadiah artwork khusus untuk pemenang Most Wanted Blog Award yang dimenangkan oleh Helena Safitri.

Helena Safitri ( Pemenang Most Wanted Blog Award) 


Kriteria pemenang sendiri berdasarkan penilaian dari beberapa juri internal (pengurus BCC) dan juga keaktifan member di komunitas, serta beberapa faktor lain yang menjadikan Helena Safitri menjadi pemenangnya.

Makin malam makin seru, acara dilanjutkan dengan sesi mentoring bersama Anwari Natari. Pada sesi ini, para blogger diajak untuk menjadi blogger yang kredibel.

Anwar Natari yang biasa dipanggil Bang Away menyebutkan kalau sebagai blogger itu harus terus berkembang dengan menambahkan 3 aspek penting.

Moment Mentoring via online Zoom


"Knowledge (pengetahuan), Skill (kemampuan), dan Attitude (Sikap). Set keterampilan (Skill Set) apapun profesinya " Ucap Bang Away saat sesi mentoring.

Sebagai blogger, kita tidak boleh berpuas diri dengan keadaan kita sekarang. Blogger harus tetap belajar untuk meningkatkan kemampuannya. Mungkin awalnya kita bisa menjadikan tulisan kita sebagai pendidikan dan literasi, dan jika sudah berkembang lebih baik maka bukan tak mungkin kita bisa menghasilkan uang dari tulisan kita tersebut.

Dalam menulis sendiri, kita harus punya beberapa kemampuan dasar misalnya seperti tahu bagaimana melakukan wawancara, riset, hingga memilih diksi yang bagus.

Setelah meningkatkan kemampuan, kita bisa lanjut ke poin selanjutnya yaitu sikap. Sebagai seorang blogger, kita harus memiliki sikap yang baik. Jika kemampuan sudah berkembang ditambah dengan sikap yang baik, maka kata profesional bisa melekat di dalam diri kita sebagai blogger.

Sesi mentoring selesai, acara Zoom dilanjutkan dengan beberapa kuis dan bagi-bagi hadiah. Acara tetap meriah hingga Zoom berakhir.

Hari Pertama Fun Camp di Puncak Halimun.

Foto bersama sebelum berangkat

Aku merupakan salah satu peserta yang ikut offline Fun Camp di puncak Halimun, Bogor. Para peserta yang ikut merupakan peserta yang sudah melakukan komitmen dan juga pengurus Bloggercrony.

Pagi-pagi sekali, aku sudah berangkat menuju lokasi pertemuan di Parkir Timur GBK. Sesuai dengan janji temu sebelumnya, para peserta diharuskan sampai pada pukul 7 pagi. 

Belum apa-apa sudah gugup, momen berkunjung ke tempat nan hijau tanpa internet tentu menjadi tantangan tersendiri bagi aku yang memang sulit terlepas dari internet. Tapi memang itu tujuan utama dari acara Fun Camp ini. Para peserta diajak untuk healing bersama tanpa internet selama 12 jam ++

Perjalanan kali ini pun ditemani oleh bintang tamu spesial yaitu Arya Ramaniya yang menjadi ilustrator gambar selama acara Fun Camp berlangsung.

Tamu spesial : Arya Ramaniya


Bus mulai berangkat sekitar jam 8.30 pagi. Tak lupa sebelum berangkat, para peserta mendapat roti Raika untuk sarapan pagi. BCC memesan khusus roti tersebut dari salah 1 member Bloggercrony yang aktif di Bloggerpreneur.

Roti Raika (Member Bloggercrony - Bloggerpreneur)


Jalan tol yang dilewati tak terlalu macet oleh para pengendara, perjalanan pun jadi terasa lebih cepat dibanding dengan estimasi waktu 4 jam untuk sampai ke tempat tujuan. Meski cepat, tapi perjalanan didekat tempat wisata memang cukup rusak hingga memakan waktu. Tapi meski begitu, semua peserta mendapat suguhan pemandangan yang luar biasa!



Sesampainya di lokasi sekitar jam 11 siang, para peserta menunggu di restoran yang menjadi salah satu fasilitas di sana. Kami semua beristirahat sejenak sebelum disajikan makan siang prasmanan. Rasanya benar-benar sempurna makan-makanan enak sambil menikmati pemandangan hijau dan udara yang sejuk.

Selesai makan siang, akhirnya acara Fun Camp dibuka secara resmi. Kak Zhea kembali menjadi pembawa acara setelah sebelumnya hadir di acara Kick Off dengan tugas yang serupa. Tidak ketinggalan Kak Bowo kembali memberikan sedikit sambutan sebelum acara sharing dimulai.

Acara pertama saat Fun Camp adalah sesi sharing dari hati ke hati bersama peserta. Para peserta dibagi menjadi 2 kelompok dan masing-masing kelompok ditemani oleh beberapa pengurus BCC.

Moment Sharing dari hati ke hati


Dalam sesi ini, para peserta diberikan 2 tema yang berbeda. Di sini peserta bisa menyampaikan isi hatinya sambil mencari solusi bersama. Selain itu, para peserta diajak memberikan saran dan pendapat untuk perkembangan komunitas BloggerCrony ke depannya. Baik para peserta dan pengurus, kami berdiskusi secara serius dan santai. Sesuai dengan tema, Bloggercrony benar-benar ingin mendengarkan para blogger.

Mulai dari pemberian kesempatan/campaign yang merata untuk semua member, perlunya kegiatan menambah ilmu pengetahuan untuk para blogger, harapan member untuk BCC, hingga perlu tidaknya payung asosiasi untuk blogger.

Beberapa peserta memang mengakui pentingnya ilmu blogging dasar, karena blogger yang sudah lama menjalani profesi blogger pun bisa saja tak tahu tentang SEO. Harapan mengenai kegiatan tentang workshop menulis hingga menjadikannya sebuah buku (proyek dengan hasil nyata) pun menjadi salah satu bahasan menarik.

Selesai berdiskusi, hasil dari kedua tim pun dipresentasikan dan didiskusikan kembali secara bersama-sama.


Moment presentasi 2 tim


Lalu setelah diskusi bersama dilakukan, acara berlanjut pada mentoring lanjutan dari acara Kick Off sebelumnya oleh Anwari Natari. Di acara Fun Camp ini, mentoring dilakukan lebih mendalam tapi tetap dalam keadaan santai #SerSantuy

Moment mentoring bersama Anwari Natari


"Jangan terlalu keras pada diri sendiri saat belajar untuk upgrade skillset." Ucap Bang Away.

Aku sendiri memang sedang merasakan stagnan saat menulis. Jujur saja kondisi tersebut cukup menganggu. Tapi setelah mendengar mentoring dari Bang Away, aku cukup mendapat ide bagaimana agar kita bisa terus menulis. Bang Away menyarankan untuk menulis terus tanpa mengoreksi dari awal. 

Lalu pentingnya kredibilitas sebagai blogger untuk mendapatkan kepercayaan pembaca. Dengan membuat konten/informasi sesuai dgn fakta, bertanggung jawab, menulis dgn hati, digabungkan dengan etika dan profesionalitas akan menjadi kombinasi yang sempurna untuk blogger profesional.

Beberapa aspek lain yang dibahas :

Etika : tulisan yang kita buat tidak merugikan orang lain, menjaga sikap.

Doksing : tindakan untuk mempublikasikan/mengambil informasi orang tanpa ijin. Ini pun menjadi poin penting yang perlu diingat oleh para blogger.

Sikap yg membuat kemampuan kita semakin bagus misalnya seperti menulis rangkuman dgn mencatat dgn hp/manual.

Profesional : bisa melakukan sesuatu dengan baik dengan keahlian tertentu.

Selesai mendapat ilmu yang sangat bermanfaat, para peserta mulai diarahkan menuju area camp.

Jalan menuju area camp


Jalanan yang licin dan menanjak menjadi tantangan tersendiri buat aku, karena aku memang takut ketinggian. Hehe... belum lagi hujan tiba-tiba turun yang membuat aku dan temanku kelabakan mencari payung dan jas hujan. Kami berdua berpegangan tangan untuk mencapai area camp. Momen ini membuat kami tertawa riang.

Mulai sore, kami diberikan waktu bebas dan untuk aku sendiri, aku sudah mulai komitmen untuk tidak terhubung dengan internet. Karena kalau untuk melepas gadget, aku masih butuh untuk mengabadikan pemandangan-pemandangan sekitar yang sangat indah.

Malamnya kami mulai sesi berkenalan lebih akrab lagi. Mulai dari perkenalan nama hingga pengalaman bagaimana awal mulanya menjadi member Bloggercrony sambil menikmati kacang rebus. Dilanjutkan sampai sesi api unggun.


Sesi sharing malam


Malam itu menjadi pengalaman yang tak terlupakan untuk aku. Apalagi semuanya tidak ada yang memegang ponsel/gadget. Kejutan sebelum tidur, para peserta kedatangan 2 bintang tamu spesial yaitu pasangan Duorempong (Mas Olo dan Mbak Olo). Mas Olo sendiri sudah membantu membuatkan video khusus untuk BCC.

Selesai sesi sharing bercerita pengalaman satu sama lain di antara para peserta, kami semua dipersilahkan untuk istirahat.



Semakin malam, udara semakin dingin. Aku sempat terbangun beberapa kali karena kedinginan, tapi tak lama dari itu aku bisa tidur kembali.

Hari Kedua Fun Camp di Puncak Halimun



Tak terasa hari sudah berganti, pagi sudah menyapa kembali. Semua peserta sudah bangun dan sarapan bersama di depan tenda yang dihampar tikar lebar.

Kami bisa bebas bercengkrama sambil menikmati sarapan sekali lagi tanpa gadget. Rasanya para peserta bisa berinteraksi dengan gembira dan nyaman.

Moment sarapan bersama


Sarapan sudah, sekarang para peserta dihadapkan pada perlombaan seru. Ada lomba memasak dan lomba fun aktivitas (Aku nggak tahu nama permainannya, tapi mainnya itu pakai simbol lalu kita melangkah tangan dan kaki kita harus sesuai dengan simbol yang ada)


Momen Perlombaan


Para peserta benar-benar terhibur dengan tingkah lucu peserta. Menang atau kalah, semua peserta yang ikut lomba tetap mendapat hadiah!

Pemenang Lomba


Aktivitas camp peserta harus diakhiri setelah lomba selesai. Kami harus check out sebelum melanjutkan satu aktivitas terakhir yaitu Ngopi cantik di Kopi Daong.

Berat hati kami semua harus meninggalkan area camp. Bus sudah menanti dan kami perlahan-lahan meninggalkan area camp.

Foto bersama


Meninggalkan area camp, para peserta diberikan waktu bebas kembali di Kopi Daong, tempat ngopi yang viral di media sosial. Menurutku, di sini memang pemandangannya juara sih. Makanannya lumayan variatif, dan kita bisa memilih tempat sesuka hati.

Selama mengobrol santai, kami berpencar dan aku berkumpul dengan beberapa teman blogger yang baru. Kami saling berbagi informasi mengenai blog hingga media sosial. Ruang terbuka di Kopi Daong memang cocok untuk nongkrong apalagi ditambah dengan suasana sejuknya di sana. Momen langka yang kapan lagi bisa dirasakan jika berada di Jakarta.



Setelah menghabiskan waktu untuk mengobrol santai, kami semua akhirnya dipersilahkan masuk kembali ke dalam bus.

Selama perjalanan pulang, suasana bus cukup hening karena sebagian peserta tertidur, begitu pun aku. Rasanya masih tidak rela untuk kembali pulang, suasana kebersamaan dan juga alam hijau yang tenang membuatku betah berlama-lama di sana. 

Menjadi Member Bloggercrony

Pengalamanku sebagai member komunitas Bloggercrony, aku mendapat beberapa ilmu tambahan melalui BloggerHangout. Beberapa ilmu tambahan tentang literasi membantu menambah kemampuanku dalam menulis.

Komunitas Bloggercrony memfasilitasi blogger Indonesia mengembangkan kualitas dirinta, membangun jejaring positif, meningkatkan produktivitas dengan menciptakan tulisan/konten yang informatid, bermanfaat dan inspiratif, serta berdaya mandiri dan profesional.

Rasanya semua yang dibutuhkan sudah ada di komunitas Bloggercrony Indonesia, tapi bukan tak mungkin nantinya akan ada program-program lain yang muncul dan berkembang untuk membantu blogger lebih baik lagi.

Acara bertabur hadiah ini juga disponsori oleh Kausamesta (Kaos BCC), Cera Production (Pin & Stiker), dan ICT Watch Id (Venue Studio Riset Tebet - Internet Sehat Indonesia).

Aku ingin mengucapkan terima kasih untuk semua pihak yang sudah menyelenggarakan dan ikut acara BloggerDay 2023 sekaligus perayaan ulang tahun Bloggercrony yang ke-8. Semoga di tahun-tahun selanjutnya, kita semakin sukses dan bisa dipertemukan kembali untuk saling bersilaturrahmi.

Jangan lupa follow instagram dan twitter @bloggercrony ya teman-teman untuk mendapat informasi terbaru dari Bloggercrony.

Ingin lihat keseruan kami di Puncak Halimun Camp? Kalian bisa lihat video di bawah ini ya :



Sampai jumpa!