K-Seafood Wave 2022 : Cooking Class With Chef Jun

Note : 11 November 2022,


Event K-Seafood Wave 2022 sudah digelar, ada beberapa acara yang dihadirkan di Lotte Shopping Avenue. Acara ini diselenggarakan dari 1 November hingga 5 Desember 2022. Untuk acara yang aku hadiri salah satunya adalah Korean Cooking Class. Untuk Chef yang akan menjadi mentor nantinya ada 2 yaitu Chef Jun dan Chef Park Sung Han yang merupakan Chef asli dari Korea Selatan.





Kebetulan untuk jadwalnya aku, cooking class nya bareng sama Chef Jun. Dan untuk masakan yang akan dibuat adalah Chungmu Gimbap, Ojingeo Muchim, Eomuk Bokkeum.


Sebelum kelas memasak dimulai, para peserta dipinjamkan apron memasak oleh tim. Ruangan memasaknya sendiri memakai studio khusus untuk memasak. Rapi dan bersih sekali, pokoknya bikin mupeng banget deh!

Dok. Pribadi (Studio Memasak + Bahan Prepare)


Bahan-bahan untuk memasak juga sudah disiapkan, jadi peserta hanya tinggal mengikuti arahan dan demo memasak langsung yang diperagakan oleh chef Jun. Untuk memasak nanti, 1 tim dibagi menjadi 3 orang.



Chef Jun sendiri memberikan penjelasan yang informatif mengenai sejarah makanan yang akan dimasak oleh peserta. Jadi 3 makanan yang sudah aku sebutkan di atas sebenarnya adalah makanan yang sering dimakan oleh para nelayan Korea. Sifatnya praktis dan mudah dibuat, jadi makanannya memang sengaja dibuat simpel agar tidak membuang waktu dan membuat repot.



Selain penjelasan tentang asal usul makannnya, para peserta juga diberikan beberapa tips dalam mengolah bahan makanan yang akan dibuat. Contohnya seperti cumi yang tidak boleh dimasak lama-lama supaya tidak alot, sampai cara mengiris bawang bombay yang benar saat dalam tahap pengolahan. Chef Jun bilang,


Mengiris bawang bombay tidak boleh sembarangan. Potongan bawang bombay untuk hiasan dengan potongan bawang bombay untuk memasak itu berbeda. 


Di bawah ini aku sertakan cara buatnya, tapi aku tidak tambahkan rincian ukuran bahan karena bisa kalian sesuaikan dengan kebutuhan kalian ya. Ini juga sudah hampir 4 bulan yang lalu acaranya, jadi aku agak sedikit lupa jumlah/ukuran pastinya.

Dok. Pribadi


Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat Chungmu Gimbap :

- Nasi instan korea ( bisa diganti nasi jepang, atau nasi yang biasa kita makan yang dicampur ketan). Intinya jenis nasi yang sifatnya lengket.

- Lembaran rumput laut

- Biji Wijen

- Minyak Wijen

- Garam


Cara membuat : Taruh dan lebarkan lembaran rumput laut di atas talenan/bambu pencetak sushi. Tambahkan nasi yang sudah ditambahkan sedikit garam, tipis-tipis saja lapisan nasinya. Lalu gulung perlahan sampai membentuk bulatan yang rapi. Perlu diingat, bentuk bulatannya usahakan tidak terlalu besar agar muat dalam suapan. Setelah terbentuk bulatan panjang, balurkan rumput laut dengan minyak wijen, lalu kalian bisa memotongnya (intinya potongan Chungmu Gimbap ini pas disuapan kalian). 


Selesai dipotong-potong sesuai dengan selera kalian, kalian bisa menaburkan biji wijen di atasnya. Dan Chungmu Gimbap siap disajikan!


Rasa dari Chungmu ini cenderung mirip-mirip dengan sushi, tapi tidak ada isiannya.



Ojingeo Muchim 

Bahan: 

- Cumi-cumi ukuran sedang

- Timun Jepang / bisa ganti lobak

- Daun bawang

- Bawang bombay

Bumbu :

- Bawang putih (cincang halus)

- Gochugaru (bubuk cabai korea)

- Cuka

- Sirup jagung

- Kecap asin

- Gula

- Garam

- Minyak Wijen

- Biji wijen


Cara membuat :

Rebus air hingga mendidih terlebih dulu. Masukkan cumi, jangan terlalu lama agar tidak alot, perhatikan warna cumi jika sudah agak pucat bisa langsung diangkat. Potong cumi menjadi 2 bagian, buang tulangnya dan potong lebih kecil. 


Selanjutnya potong timun sesuai dengan ukuran yang kalian sukai. Boleh memanjang atau kotak-kotak, kalian bisa kreasikan sendiri. Potong bawang bombay (irisnya boleh tidak terlalu halus), potong daun bawang sedikit memanjang.


Campur semua bumbu, kemudian tambahkan bahan-bahan yang sudah dipotong tadi. Dan Ojingeo Muchim siap disajikan!


Cita rasa Ojingeo Muchim ini cenderung segar, asam, manis dan sedikit gurih. Rasanya bikin ketagihan deh.




Eomuk Bokkeum

Bahan :

- Eomuk (Korean Fish Cake)

- Daun bawang

- Bawang bombay

- Sayuran lain boleh tambah (kaya paprika, wortel, dll terserah kalian ya)

Bumbu:

- Gochujang ( saus cabai korea )

- Bawang putih

- Minyak wijen

- Biji wijen

- Sirup jagung

- Garam

- Gula


Cara membuat :

Potong eomuk sesuai dengan selera kalian, mau kotak-kotak atau segitiga terserah yang penting potong kecil-kecil ya. Lalu potong juga daun bawang dan bawang bombay sedikit kasar ( jangan terlalu halus agar tekstur garingnya terasa ).

Tumis bawang putih dengan minyak wijen hingga harum, lalu masukkan gochujang, garam, dan gula. Tambahkan sedikit air agar tidak terlalu lengket, baru setelah agak mendidih kalian bisa memasukkan potongan eomuk, aduk perlahan agar eomuk tidak hancur. Cicip rasa, jika terasa kurang bumbu kalian bisa tambah bumbu yang kurang. Setelah eomuk empuk, kalian bisa menambahkan potongan daun bawang dan bawang bombay di akhir agar tidak terlalu layu dimasak.

Eomuk bokkeum siap disajikan!


Rasa dari eomuk bokkeum ini terasa kuat gochujangnya karena memang agak kental, manis dan gurih. 


Di kiri atas : (Ojingeo Muchim); Kanan atas (Eomuk Bokkeum); Tengah2 yg ada bendera (Chungmu Gimbap) - Dok. Pribadi


Tiga makanan ini memang cocok banget dimakan barengan. Hehe... Selesai masak, Chef Jun cobain masakan semuanya satu per satu. Dan semuanya berhasil! YEAY!

Akhir sesi, kami semua foto bersama.

Sumber : @tasteoflovekfood


Kesannya ikut acara ini, pastinya seru karena selama penjelasan memasak, Chef Jun terus memberikan lelucon jadi suasananya santai dan ceria. Rasanya mau lagi ikut kelas masak kaya gini.


Sampai jumpa di postingan aku berikutnya ^^