Berawal Coba-Coba Sampai #BanggaJadiBlogger

Dunia blogger bisa terbilang masih hal yang baru untuk saya sendiri. Sekitar tahun 2016 saya baru membuat blog ini. Berawal iseng membuat blog untuk menulis kegiatan pribadi, kini blog saya mulai berevolusi menjadi salah satu sumber penghasilan yang lumayan.

Dok. Pribadi
Perkembangan blog dari 2016 - 2022

Tapi sebelum membuat blog sendiri, saya mulai tertarik untuk menjadi blogger saat ada tawaran pekerjaan sampingan untuk menulis di sebuah situs. Itu pun saya tahu infonya karena postingan milik teman di salah satu media sosial.

Tidak sampai di situ, ketertarikan saya menjadi blogger juga bertambah karena hal lain. Saya kira hanya sekedar mendapat uang tambah, tapi ternyata lebih dari itu! Setelah saya terpilih menjadi salah satu penulis blog eksklusif, mereka juga membuat sebuah komunitas. Dimana komunitas ini membuat kegiatan rutin selama beberapa waktu bagi para anggotanya.

Kegiatan rutin sebagai blogger, rasanya seperti angin segar untuk saya. Karena sewaktu saya belum menjadi blogger, saya mulai jenuh dengan rutinitas sehari-hari. Pergi kerja pagi-pagi, lalu pulang malam harinya. Saat akhir pekan tiba, saya hanya diam di rumah karena tidak punya aktivitas lain. Rasanya seperti ada yang hilang dari hidup saya. Tapi ketika menemukan dunia blogger, semuanya mulai berubah.

Dok. Pribadi
Kegiatan Pertama sebagai Blogger


Dari situ saya mulai menambah jaringan pertemanan, saya punya aktivitas lain diluar pekerjaan utama, termasuk juga bertambahnya pengetahuan saya dibidang lain dan sebagai seorang blogger. Karena seringnya bertemu dengan para blogger, saya jadi tahu bagaimana sisi lain dari blogger itu sendiri.

Bukan hanya sekedar menulis, tapi sebagai blogger kita harus menyampaikan informasi secara informatif dan sepenuh hati. Karena kalau tidak pakai hati, yakin deh tulisannya akan berbeda. Selama saya menulis, saya bisa merasakan sekali apa yang kita sampaikan dari hati, pasti akan sampai ke hati juga.

Kegiatan demi kegiatan yang mulai bermunculan karena tugas nge-blog ini, terkadang membuat saya kagum sendiri dan #BanggaJadiBlogger. Jujur saja, saya bukan apa-apa. Tapi saya merasa bahagia ketika mendapat moment-moment baru ketika berkumpul dengan para blogger. Entah mendapat kesempatan meetup secara eksklusif dari beberapa brand, sampai bisa merasakan liburan gratis bersama blogger lain. 

Dok. Pribadi
Kegiatan Tea Class Bersama Blogger

Dok. Pribadi
Ekowisata bersama Blogger


Kebanggaan saya tak hanya sampai disitu. Saya juga bisa bertemu dengan blogger yang penuh potensi dan bakat.

Menulis memang jadi tantangan sendiri bagi para blogger. Maka dari itu bisa dibilang, para blogger itu memang 'multitalent'. Karena menulis memang ada seninya tersendiri dan tidak bisa sembarangan. Kalau tidak ada passion ke arah sana, bisa jadi menulis satu paragraf pun butuh waktu berjam-jam.

Ada kalanya juga saya merasa sedikit minder di antara para blogger. Apalagi dengan para blogger senior. Mereka terkadang sudah punya jalurnya sendiri. Mulai dari bahasan blog yang rinci, rutin dan tersusun rapi, bacaan yang sedap dibaca, bahkan mereka yang sudah berpengalaman telah memiliki pasar sendiri untuk memposting tulisan mereka secara khusus. Rasanya saya seperti ketinggalan jauh. Saya disini masih belajar merangkak, tapi mereka sudah berlari marathon. Hehe... Maklum saja, saya memang tidak ada niatan menjadi blogger sebelumnya. Jadi ketika terjun dalam dunia blog ini, saya merasa seperti anak ayam yang baru menetas. Masih harus banyak belajar.

Wajar saja 'kan kalau sesekali merasa minder. Tapi meskipun begitu, tidak berarti saya merasa iri dengan mereka para blogger senior. Kalau hanya membandingkan penghasilan dari nge-blog ini, tentu akan membuat sakit kepala melihat prestasi blogger lain yang punya jam terbang tinggi. Lebih baik menjadikan kesuksesan mereka sebagai motivasi untuk kita sendiri.

Saya pun mencoba berada di posisi netral. Kalau saya tidak bisa bersaing dengan hal itu, maka saya harus bersaing dalam hal lain. Misalnya dengan menjadikan blog kita bermanfaat untuk para pembacanya. Ya, informasi saat ini memang sangat dibutuhkan oleh banyak orang. Bisa jadi, apa yang kita tulis bisa bermanfaat bagi orang yang kebetulan sedang mencarinya.

Setidaknya apa yang kita tulis, bisa membantu orang lain yang membutuhkan informasi tertentu. Dan ini sudah menjadi kebanggaan tersendiri untuk saya menjadi seorang blogger. Memang terkesan sepele, tapi bagi saya membantu orang lain bisa membuat kebahagiaan saya bertambah.

Selagi mengembangkan blog ini, saya masih terus berusaha untuk mengembangkan diri lebih banyak. Usaha saya untuk mengembangkan kemampuan diri adalah melalui komunitas. Karena saya sadar, saya tidak bisa berkembang sendirian.

Sebelumnya saya sudah menyinggung bahasan tentang komunitas. Tapi kali ini saya akan membahas komunitas yang baru saya temui belakangan ini.

Namanya Komunitas BloggerCrony Indonesia. Komunitas ini memfasilitasi blogger Indonesia mengembangkan kualitas dirinya, membangun jejaring positif, meningkatkan produktivitas dengan menciptakan tulisan/konten yang informatif, bermanfaat dan inspiratif, serta berdaya mandiri dan profesional. Komunitas ini juga sudah mendapatkan ijin resmi dari pemerintah lho.

Sumber : www.bloggercrony.com

Selama bergabung dengan komunitas ini, saya merasakan banyak manfaat. Sesuai dengan apa yang saya tulis sebelumnya, komunitas ini memang sangat membantu para blogger pemula seperti saya untuk lebih berkembang. Ibaratnya seperti orang yang ingin mendapat tambahan kursus, komunitas ini seperti tempat kursus yang menaunginya. Jadi sebagai blogger, kita tidak kehilangan arah tapi bisa dibantu dan dibimbing oleh mereka. Apalagi mereka sudah berdiri hampir 8 tahun, pasti banyak pengalaman yang bisa didapatkan.

Saya senang sekali bisa bergabung dengan Bloggercrony Community. Rasanya seperti punya keluarga baru dengan passion dan tujuan yang sama. Berharap ke depannya nanti, saya sebagai Blogger Indonesia bisa lebih maju dan berkembang bersama BloggerCrony. Pokoknya, saya #BanggaJadiBlogger!

Oh ya, kalian bisa cari tahu lebih banyak tentang Komunitas BloggerCrony Indonesia dari media sosial mereka juga. Kunjungi mereka lewat twitter dan instagram : @bloggercrony

Sampai ketemu lagi di postingan berikutnya :)