Aku dan #7thBloggerCrony (Cinta Pada Pandangan Pertama)

Dari judul di atas, mungkin kalian akan bertanya-tanya. Kok bisa sih jatuh cinta pada pandangan pertama sama komunitas BloggerCrony Indonesia? Oke, sebelum ke sana, aku mau jelaskan dulu apa itu komunitas BloggerCrony.

Buat kalian yang masih baru terjun di bidang blogger, kalian mungkin belum pernah mendengar apa itu komunitas BloggerCrony. Jadi, komunitas BloggerCrony Indonesia adalah sebuah komunitas atau perkumpulan blogger Indonesia, multiplatform, yang berdiri pada tanggal 24 Februari 2015 di Jakarta. Mereka punya motto blogging, networking dan empowering. Sudah terbayang kan apa itu komunitas BloggerCrony?

Nah, ceritanya aku tuh lagi mau memperluas jaringan pertemanan lewat komunitas yang satu ini. Dan kebetulan waktu lagi scrolling media sosial, aku lihat ada salah satu postingan mereka yang menarik. Apa itu? Ternyata mereka mau mengadakan acara ulang tahun yang ke tujuh secara virtual dengan tema #ScaleUpYourSkill. Apalagi waktu lihat sesi acara yang akan ditampilkan, aku jadi makin tertarik buat ikutan. Ya sudah, akhirnya aku coba-coba daftar. Eh, ternyata kali ini aku dapat email konfirmasi kalau aku diterima! Pastinya senang sekali bisa terpilih untuk menjadi 100 orang yang ikut acara ini. (Tahun sebelumnya aku telat daftar, tapi Alhamdulillah tahun ini bisa ikut dan terpilih). Oh ya, ada tambahan kuota sebanyak 100 peserta umum juga lho untuk acara ini.


Acara ulang tahun mereka yang ke tujuh ini, tepatnya digelar pada tanggal 27 Februari 2022 sekaligus merayakan BloggerDay. 

Pada sesi pertama dimulai dengan penjelasan mengenai sejarah komunitas BloggerCrony. Komunitas ini didirikan oleh Kak Wardah Fajri atau yang akrab disapa dengan nama Kak Wawa. Dan setelah berbicara panjang lebar mengenai perjuangan para pengurus (BCCSquad) dalam mempertahankan komunitas ini, aku makin takjub waktu tahu komunitas ini sudah menjadi komunitas yang diresmikan oleh pemerintah. Semua struktur pengurusnya pun lengkap mirip sama struktur sebuah perusahaan. Keren!

Selain itu, komunitas ini bukan cuma bergerak di bidang blogging aja nih. Ada juga yang namanya BloggerCare, BloggerPreneur, dan juga BloggerHangout. 

BloggerCare dimaksudkan untuk berdonasi, berbagi rejeki kepada yatim piatu dalam circle blogger. 


BloggerPreneur sendiri adalah wadah untuk para blogger yang ingin mengembangkan bisnisnya bersama komunitas BloggerCrony.


BloggerHangout bertujuan untuk mengedukasi para anggota BloggerCrony melalui workshop secara rutin dan tidak dipungut biaya sama sekali alias gratis!

Sudah paket lengkap? Pastinya! Karena itulah, aku langsung jatuh cinta sama komunitas ini. Sayang baru ketemu sekarang ya, padahal aku mulai blogging dari 2016. Tapi ya nggak apa-apa. Komunitas ini bukan hanya fokus pada keuntungan (red; cuan) saja, tapi juga membantu para blogger untuk berkembang menjadi lebih baik, tetap berbagi pada sesama dan bermanfaat untuk banyak orang. Mau daftar jadi anggotanya? Bisa banget! Kalian bisa kunjungi instagram mereka di sini untuk info lebih lengkap.

Menariknya acara ini juga didukung oleh banyak sponsor seperti : Cera Production, Aston Priority Simatupang Hotel & Conference Center, Mangrovejkt.id, Digiefood Indonesia, Ala Gyoza, Nyipede Souvenir, Katalensaku Photowork, ID Cloudhost, dan Laluna Kitchen.

Selama acara, hadiah nggak berhenti dibagi-bagikan. Dan aku dapat hadiah elektronik sebesar Rp. 25.000 (lumayan akhir bulan. haha...). Oh ya, untuk 100 peserta terpilih juga mendapatkan mechandise menarik berupa pin, stiker dan masker kece lho! Ini nih penampakannya.

Ngomong-ngomong soal merchandise, aku salfok sama pin-nya lho. Kualitasnya oke punya. Pin ini adalah buatan salah satu sponsor yaitu Cera Production! Aku jelasin sedikit ya mengenai Cera Production. 

Cera Production merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dalam production service (layanan produksi) untuk kantor swasta, dan instansi yang memproduksi premium gift Set, souvenir, seragam kerja san kebutuhan cetak (percetakan). Selama lebih dari 10 tahun, Cera telah dieprcaya oleh lebih dari 350 kantor perusahaan dan instansi. Saat ini Cera dapat dijumpai di 13 kota di Indonesia. Nggak salah lagi kalau kualitas mereka memang bagus, karena sudah banyak dipercaya oleh banyak perusahaan ya.

Oke kita lanjut bahas acaranya lagi ya.

Acara selanjutnya dilanjutkan dengan tema "Dunia Digital : Metaverse & Kejahatan Berbahasa?". Sesi ini diisi oleh Kak Anwari Natani (dosen bahasa dan editor) dan juga Kak Tuhu Nugraha (Digital Business Consultant &Trainer). Menurutku selama jalannya acara, pembahasan ini memang menarik. Apalagi metaverse juga lagi booming akhir-akhir ini. Mulai dari pembahasan apa saja potensi yang terjadi jika metaverse diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, sampai dampaknya dalam kehidupan sosial di berbagai bidang termasuk kejahatan berbahasa.

Sesi selanjutnya membahas tentang "Blogging Organik VS Monetisasi". Tema ini diisi oleh Kak Matahari Timoer (Blogger dan Content Creator) dan Kak Joe Candra P (Blogger dan CEO of Seven Creative Media). Pembahasan ini memang sangat dibutuhkan untuk para blogger. Apalagi untuk blogger yang ingin cari cuan lewat blogging. Tapi apapun tujuannya, baik blogger organik atau monetisasi, kedua hal ini bisa menjadi pilihan bagi blogger itu sendiri.

Sesi terakhir adalah pembahasan mengenai tema "Bisa yuk! Gali Potensi Jadi Pribadi Terbaikmu" yang diisi oleh Kak Tsurayya Syarif Zain (Praktisi psikologi pendidikan dan founder alfalah.ed & sayanganak.id). Selama sesi ini, kita dibuat bertanya-tanya sama diri kita sendiri. Apa saja minat dan bakat kita, potensi dari bakat tersebut dan hal apa yang harus dilakukan untuk bisa mengeluarkan potensi terbaik kita.

Wah, pokoknya aku suka banget sama semua sesi acaranya. Duduk lebih dari 5 jam selama webinar ini tidak terasa membosankan, apalagi ada MC kece dan asyik (Kak Febria Silaen) yang menemani selama acara berlangsung. 

Kesan setelah ikut acara ini? Yang pasti menyenangkan sekali. Bisa dapat teman baru, ilmu baru dan juga hadiah menarik! Berharap aku bisa ikut acara tahunan ini lagi di tahun berikutnya, dan semoga bisa dilakukan secara offline. 

Terima kasih untuk komunitas BloggerCrony yang sudah mau mengundang aku ikut acara ini. Semoga di lain kesempatan, acara ini bisa berjalan lebih lancar, lebih seru dan lebih baik lagi! Oh ya, hampir lupa. Selamat ulang tahun yang ke #7thBloggerCrony. Semoga ke depannya bisa menjadi komunitas yang jauh lebih baik lagi dan menjadi komunitas nomor satu di Indonesia yang membantu para blogger berkembang lebih baik. Sampai jumpa di lain kesempatan.