Belanja Sayur dan Buah dengan Cara Baru: Panen Fresh Review

Halo teman-teman semua! Apa kabar? Semoga kalian baik-baik dan sehat selalu ya. Kita memang sedang mengalami masa sulit hampir setengah tahun ini, tapi jangan lantas menyerah ya. Pasti ada hikmah di balik pandemi ini untuk kita.

Oke, sekarang aku mau membahas sesuatu nih. Apa tuh? Ini berhubungan sekali dengan apa yang kita alami saat ini. Jujur aja kalau kalian selama ini pasti cukup was-was kan kalau mau bepergian? Nah, maka dari itu aku akan membahas sesuatu yang menarik tentang itu sekarang. Bisa tebak? Karena tidak ada yang menjawab, jadi langsung aku kasih tahu aja ya. Hehe... Aku mau review tentang salah satu e-commerce baru nih untuk kalian! Harap tepuk tangan... Prok prok prok..  Terima kasih ^^

Lanjut ya, jadi aku mau bahas tentang Panen Fresh Indonesia. Apa sih Panen Fresh Indonesia itu?

Panen Fresh Indonesia adalah tempat belanja sayur dan buah online yang produknya berasal langsung dari petani lokal! Wah keren banget nggak sih? Keren banget! Kenapa? Karena itu artinya Panen Fresh mendukung para petani lokal untuk maju dan mengajak masyarakat untuk mencintai produk dalam negeri. Begini nih tampilan website nya :



Oh ya, Panen Fresh ini selain ada di website mereka juga ada aplikasi nya juga lho. Kalian bisa download langsung di playstore atau Appstore . 



Di dalam website Panen Fresh ini ada beberapa menu yang tersedia. Ada Home, Catalog,  Collection ( bisa di drop ke bawah dan kalian lihat sendiri apa aja yang ada di sana ), Blog, Policies, Searching, Keranjang dan Akun.
 
Tampilan Website
Tampilan Aplikasi

Sekarang aku akan bahas cara melakukan pembelian di Panen Fresh dulu ya. Dan yang aku jelaskan di sini adalah cara pembelian melalui website. Tapi sebenarnya lewat aplikasi juga nggak akan jauh beda kok, yang beda hanya penampilannya aja.

Pertama yang harus kalian lakukan adalah buat akun dulu. Kenapa? Karena dengan membuat akun sebelumnya, proses belanja nantinya akan lebih praktis. Daftar akunnya juga mudah kok. Seperti ini caranya :

Klik Akun yang ada di pojok kanan atas.


Setelah di klik, akan muncul tampilan seperti di atas. Lalu kalian bisa langsung isikan data yang di minta seperti nama depan, nama belakang, email dan sandi. Kalau sudah, nanti kalian akan menerima email.

Kalau sudah terima email, kalian bisa langsung isikan alamat kalian dengan klik tombol tambah alamat. Isikan alamat kalian dengan benar ya, supaya memastikan produk yang kalian beli sampai di rumah kalian bukan yang lain. Hehe...


Lanjut setelahnya kalian bisa langsung belanja deh. Karena ada banyak macamnya, kalian bisa lihat-lihat produk Panen Fresh di menu Collection. Di sana ada 7 kategori produk yang bisa kalian pilih. Mulai dari sayuran, buah, bumbu dan rempah-rempah, produk grosir, daging, seafood, dan produk nutrifood.










Kalau aku sendiri kemarin beli buah mangga, nanas dan paket sembako murah. Untuk setiap barang, ada penjelasan masing-masing. Seperti paket sembako murah yang aku pilih ini, ada beberapa produk yang sudah mereka jadikan satu.



Tapi dalam kondisi tertentu, paket ini bisa berubah-ubah. Misalnya saja stok minyak sedang habis, maka produk akan di gantikan dengan harga yang senilai.

Setelah selesai pilih produk, kalian bisa langsung check out. Oh ya, untuk harga produk di sini belum termasuk Ppn 10% ya
Jadi setelah kalian check out, maka jumlah harga produk yang kalian beli akan otomatis di tambahkan pajak.


Nanti setelah check out, kalian akan di arahkan pada menu informasi kontak. Seperti yang sudah aku jelaskan sebelumnya, kalau kalian sudah membuat akun di Panen Fresh maka kalian tidak perlu repot menulis ulang alamat kalian. Karena semua informasi kontak sudah tertera di sana.


Kalau sudah yakin dengan informasi kontak kalian, selanjutnya kalian bisa klik tombol 
lanjutkan pengiriman.


Nanti akan muncul metode pengiriman yang kalian inginkan. Untuk sementara metode pengiriman hanya melalui gojek/grab. Untuk tarif ongkir nya flat, tergantung daerah kalian ya (khususnya di daerah Jabodetabek) mulai dari Rp 15.000 - Rp. 30.000.

Lanjut setelah memilih metode pengiriman, maka kalian akan di arahkan pada menu pembayaran. Di sana ada 2 jenis yaitu pembayaran online dan Setoran Bank. Kalau aku sendiri kemarin pilih metode Setoran Bank. Kalau kalian klik Setoran Bank, maka nanti akan muncul detail untuk transfer pembayaran.


Detail Pesanan

Karena di Panen Fresh ini belum memungkinkan untuk konfirmasi pembayaran otomatis, jadi kalian harus konfirmasi manual dengan cara mengirim bukti transfer dan screenshoot detail pesanan kalian (seperti gambar di atas) pada CS Panen Fresh ya teman-teman. Kalian bisa menghubungi CS Panen Fresh via whatsapp (klik logo whatsapp yang ada di pojok kanan bawah website).

Untuk lama pengiriman produk itu biasanya satu hari setelah kita melakukan proses pembayaran produk. Jadi misalnya kalian belanja tanggal 8 oktober, maka produk akan di kirimkan esok harinya.

Penasaran sama belanjaan aku? Hehe... Ini nih produk yang sudah aku beli dari Panen Fresh :






Kalian akan mendapat nota pembelian juga saat menerima produk dari Panen Fresh yang berlaku selama 1 bulan apabila ada kendala teknis mengenai produk yang di kirim. Syarat dan ketentuan jika terjadi kendala teknis seperti pengembalian produk bisa langsung menghubungi CS Panen Fresh. Nota nya seperti ini ya teman-teman :

Selanjutnya aku akan bahas kekurangan dan kelebihan Panen Fresh.

Aku akan bahas kekurangan nya dulu ya. Dari segi pelayanan CS, menurutku masih agak lambat ya. Apalagi kalau hari minggu, mereka memang slow respon. Saran saja untuk bagian CS ini di tambah lagi karyawannya supaya ke depannya bisa melayani pelanggan dengan cepat. Lalu untuk packaging sendiri masih di bungkus dengan plastik biasa, jadi agak rawan bocor kalau ada produk basah. Karena kemarin tahu yang di kirim ke rumah aku, airnya tumpah dan membasahi beberapa sayuran lain. Aku harap ke depannya packaging Panen Fresh bisa lebih di perbagus lagi. Dengan tambahan kardus atau plastik wrap dengan logo supaya semakin cantik.

Kalau untuk metode pembayaran, aku harap bisa ada konfirmasi otomatis. Jadi kita bisa lebih praktis setelah mengirim uang transfer. Selain itu, aku harap ke depannya ada pemberitahuan produk. Maksudnya dari pembayaran di terima, pengiriman produk sampai produk sampai bisa di kirimkan pemberitahuannya pada pelanggan. Jadi pelanggan bisa tahu mekanisme pengiriman produknya, sudah sampai mana dan tahu perkiraan barang sampai. 

Daerah pengirimannya sendiri masih terbatas ya, baru mencakup daerah Bali, Jakarta dan Bali. Jadi produk Panen Fresh ini belum bisa di kirim ke seluruh Indonesia. Aku harap semoga ke depannya bisa di kirim ke seluruh Indonesia :)

Untuk kelebihannya sendiri, menurut aku produknya emang bener-bener fresh. Harganya juga tidak jauh berbeda dari harga di pasaran. Selain itu, kita juga hemat waktu dan tenaga. Belanja lewat Panen Fresh ini bener-bener praktis, apalagi di masa pandemi seperti ini.

Selain itu, dengan berbelanja di Panen Fresh berarti kita juga sudah mendukung petani lokal untuk maju dan belajar mencintai produk dalam negeri. Keren! Untuk yang satu ini, aku dukung sekali :)


Dari semua penjelasan aku, berbelanja di Panen Fresh cukup worth it. Aku harap segala kekurangan yang ada saat ini bisa di perbaiki ke depannya supaya bisa melayani pelanggan lebih baik lagi :)

Untuk kalian yang mau main-main ke Instagram Panen Fresh bisa klik di sini.
Atau bisa langsung ke website Panen Fresh


Selamat berbelanja teman-teman ^^